Cara Agar Android Bisa Support OTG

Bagaimana Agar HP Android Support OTG ?

Sebelumnya admin ucapkan terimakasih kepada salah satu sobat gaDroid yang menyumbangkan dan mengirim artikel ini ke meja redaksi admin untuk diupload pada blog gaDroid tercinta ini.

.

Tahukah sobat Apa itu OTG? Jika sobat sering menggunakan akses USB Android terhadap perangkat-perangkat lain seperti flash disk, stick dan sebagainya, tentu sobat pernah menggunakan akses OTG ini.
OTG sendiri merupakan singkatan dari On The Go yang mana fungsinya adalah membuat Android dapat membaca perangkat lain yang tersambung melalui USB. Misalnya ketika sobat ingin memindahkan file dari flashdisk ke Android atau sebaliknya secara langsung, tentu mau tidak mau sobat membutuhkan akses OTG. Sayangnya, tidak semua jenis Android mendukung akses OTG alias dari pabrik tidak disematkan fitur ini, sehingga sebagian dari mereka harus memasang atau menginstal OTG secara manual. Tertarik untuk mencobanya?

.

Adapun langkah-langkah untuk membuat android menjadi support OTG adalah sebagai berikut :
  1. Android sudah berada dalam keadaan ROOTED.
    Tentu saja hal pertama yang harus dilakukan adalah meroot android sobat. Hal ini bertujuan agar sobat dapat membongkar sistem keamanan di dalam android. Dengan begitu, sobat dapat dengan leluasa mengkustomisasi semua program di android termasuk membuat android yang sebelumnya tidak bisa mendeteksi OTG menjadi support OTG.
  2. Install aplikasi USB Host Check di android.Langkah kedua adalah menginstal aplikasi USB Host Check di android sobat. Dengan aplikasi ini sobat dapat mendeteksi keberadaan file yang dibutuhkan untuk membuat android menjadi support OTG.
  3. Cari file “android.hardware.usb.host.xml” di android.
    Nah, berlanjut dari langkah nomor dua, yaitu waktunya sobat mencari file bernama “android.hardware.usb.host.xml” di dalam android menggunakan aplikasi USB Host Check yang telah sobat Install.
    Jika pada saat sobat membuka aplikasi USB Host Check dan muncul pesan “It appears that USB Host supports is not enable on this device. A fix attempt can be performed”, itu berarti “android.hardware.usb.host.xml” tidak ada di android sobat, sehingga dapat disimpulkan bahwa android sobat belum mendukung OTG.
  4. Membuat file “android.hardware.usb.host.xml” baru untuk android.
    Karena file “android.hardware.usb.host.xml” tidak dapat ditemukan di android, maka sobat harus membuatnya secara manual. Adapun file ini dapat sobat buat dengan menggunakan notepad di komputer dengan format yang dipilih adalah .xml serta bertipe all file.
    Dalam membuat file ini, silahkan sobat masukkan kode program “<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <permissions> <feature name="android.hardware.usb.host" /> </permissions>” (tanpa tanda petik) ke dalam file “android.hardware.usb.host.xml”.
  5. Setelah file berhasil dibuat, silahkan sobat pindahkan filenya ke android.
    Langkah selanjutnya, sobat harus memindahkan file bernama “android.hardware.usb.host.xml” tadi ke bagian folder etc/permission di sistem penyimpanan android. Pemindahan ini dapat sobat lakukan dengan menggunakan aplikasi Root Explorer.
    Mengapa harus dipindah ke lokasi ini? Agar sobat dapat mendapatkan akses OTG di android nantinya.
  6. Buka kembali aplikasi USB Host Check
    Setelah beres, silahkan sobat cek kembali keberadaan file “android.hardware.usb.host.xml” yang baru dibuat di aplikasi USB Host Check.
    Jika muncul pesan, silahkan klik “re-check”. Jika cara ini berhasil, maka secara otomatis semua pilihan akan tercentang warna hijau yang menandakan bahwa sekarang android sobat sudah support OTG.

.
Enam langkah di atas merupakan gambaran secara umum cara membuat Android mampu mengakses OTG. Karena dalam proses penerapannya menyertakan bahasa pemrograman, khususnya ketika kita membuat file yang telah disebutkan tadi, maka kita harus teliti. Karena jika salah sedikitpun kode yang kita masukkan maka kita tidak akan berhasil untuk membuat Android menjadi support OTG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *