Tips Menjadikan Smartphone Android Lebih Bertenaga

Tidak bisa dipungkiri, handphone saat ini seakan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar orang yang senantiasa digunakan dalam berbagai aktifitas sehari- hari. Beragam jenis smartphone dari sejumlah vendor turut meramaikan pasar Tanah Air baik itu dari kelas harga yang murah hingga kelas harga mahal. Meski demikian, dari semua kelas smartphone android jika digunakan terus menerus tentu akan membuat performanya semakin menurun bahkan hp cepat panas karena beberapa faktor. Namun sobat tidak perlu khawatir sebab ada banyak cara yang bisa dilakukan guna menjaga performa smartphone agar lebih bertenaga.

Trik Mudah Menjaga Performa Smartphone Android Lebih Bertenaga

Dari sejumlah pengalaman, banyak orang yang sering ganti smartphone karena mengeluhkan masalah performa yang dianggap tidak lagi bertenaga sehingga kurang mendukung untuk menjalankan sejumlah tugas. Namun sobat tidak perlu gonta- ganti smartphone sebab ada cara mudah menjaga performa smartphone agar selalu bertenaga yakni sebagai berikut :

1. Buang Aplikasi Yang Jarang Dipakai

Beberapa smartphone yang masih dalam kondisi baru sudah langsung dipasang aplikasi besutan dari vendor. Tentu sobat juga sudah mengetahuinya dimana aplikasi vendor tersebut jarang bahkan tidak pernah dipakai sama sekali. Hanya saja beberapa aplikasi vendor memang sudah di setting untuk tidak bisa dihapus. Namun sobat masih bisa mengakali dengan menonaktifkan aplikasi yang jarang dipakai pada menu pengaturan kemudian dibagian aplikasi manager.

2. Instal Update Software

Beberapa smartphone sering mendapatkan pemberitahuan untuk mengunduh dan menginstal pembaharuan softrawe dari pihak vendor baik itu update fitur maupun update sistem operasi. Disarankan, sobar harus rajin untuk memeriksa dan memperbaharui software tersebut guna meningkatkan performa smartphone agar tidak mudah lemot.

3. Memeriksa Aplikasi Latar Belakang

Masih banyak yang belum menyadari bahwa saat smartphone tidak digunakan, sebenarnya ada aplikasi yang berjalan di latar belakang. Aplikasi latar belakang inilah yang membuat konsumsi daya baterai semakin boros tanpa disadari. Untuk memeriksa apa saja aplikasi latar belakang yang sedang berjalan, sobat bisa masuk pada menu pengaturan kemudian baterai. Jika melihat ada aplikasi yang berjalan tidak normal, sobat bisa menghentikannya dengan cara klik menu paksa berhenti.

4. Gunakan Aplikasi Dengan Memori Ringan

Bagi sobat yang memiliki smartphone dengan spesifikasi RAM atau ROM yang terbatas, maka dianjurkan untuk menggunakan aplikasi persamaan yang hanya memakan sedikit memori saja atau sering dikenal dengan aplikasi lite. Beberapa aplikasi yang bisa dicoba seperti Youtube Go, Facebook Lite, Twitter Lite, dan aplikasi lainnya.

.

BACA JUGA : Cara Mengatasi HP Android Hang , Ngelag dan Lemot

.

Demikian empat cara yang bisa sobat coba untuk menjaga performa smartphone android kesayangan agar selalu bertenaga meski sering kali digunakan. Dengan demikian, sobat tidak perlu gonta- ganti smartphone yang tentunya bukan hanya memakan biaya namun juga memakan waktu yang cukup lama untuk proses pindah data.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *