Terbukti Ampuh! Inilah Cara Terbaru Hilangkan Malware Android

Hello sobat gaDroid... Sebagaimana diketahui bahwa Android merupakan jenis sistem operasi open source sehingga salah satu kelemahannya adalah rentan terhadap serangan virus dan malware. Beberapa pengembang software memang sudah berusaha melakukan pencegahan, namun hal itu masih belum menjamin keamanan penuh akan serangan malware android.  Sobat tentunya tidak mau smartphone kesayangan bakal menjadi korban dari serangan malware yang sangat mengganggu tersebut.

Memang cukup sulit untuk mendeteksi keberadaan malware pada sebuah software, namun seringkali malware tersebut membuat performa smartphone menurun bahkan juga bisa mencuri data pengguna.

Mengenal Tanda Adanya Malware Pada Smartphone Android :
  • Tampil pop- up berisi iklan secara terus menerus yang sangat mengganggu.
  • Mengirim serta menerima pesan SMS aneh secara tiba- tiba.
  • Performa daya baterai mengalami penurunan dari pemakaian biasanya.
  • Meski kapasitas RAM masih banyak, namun performa smartphone terasa berat dan lemot.
  • Konsumsi kuota internet meningkat.
  • Proses booting menjadi lebih lama
Cara Ampuh Mengusir Serangan Malware Android Yang Berbahaya :

1. Menambahkan Aplikasi Antivirus
Untuk sobat yang sering mengunduh aplikasi gratis dari Google Playstore ataupun mengunduh file dari sebuah situs penting untuk menambahkan antivirus terpercaya pada smartphone. Akan lebih baik jika antivirus yang dipakai versi berbayar sehingga fitur dan manfaat yang diberikan bisa lebih lengkap dalam menjaga smartphone dari serangan malware berbahaya. Apalagi saat ini malware juga bisa menjelma dalam bentuk aplikasi antivirus gratis dari sumber yang tidak terpercaya.

2. Memanfaatkan Fitur Keamanan Smartphone
Ada beberapa vendor smartphone yang memang sudah membekali perangkatnya dengan fitur keamanan bawaan seperti yang sudah di terapkan pada smartphone besutan Samsung, Asus, ataupun Xiaomi. Manfaatkan fitur kemanan dari smartphone sobat ini untuk memindai serta menghapus serangan malware yang hasilnya juga sudah terbukti cukup efektif.

3. Ubah Ke Mode Aman
Jika memang sobat merasa sedikit keberatan untuk membeli aplikasi antivirus yang berbayar atau pada smartphone tidak terdapat fitur keamanan bawaan, sobat masih memiliki cara lain yang lebih mudah dan murah. Caranya adalah dengan mengubah tampilan smartphone ke mode aman atau Safe Mode. Hasil dari masuk ke mode aman ini baru akan sobat rasakan jika memang smartphone sudah terinfeksi malware.

Untuk mengubah ke mode aman ini setiap smartphone memiliki cara yang berbeda- beda. Namun jika smartphone sobat sudah di root, bisa memakai aplikasi Quick Reboot.

Setelah masuk mode aman, lanjutkan dengan masuk ke menu pengaturan kemudian pilih menu aplikasi. Lihat ada aplikasi mencurigakan yang jarang dipakai atau tidak, jika memang ada sobat bisa menghapus aplikasi mencurigakan tersebut.

Tiga cara diatas sudah terbukti ampuh untuk melawan serangan malware android yang membahayakan smartphone sobat. Dengan mengetahui cara melawan malware, kini sobat sudah tidak perlu lagi cemas akan keamanan data serta performa smartphone akan tetap terjaga.

Sekian dulu sob… Thank’s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *