Cara Mudah Atasi Galeri Android “Sayangnya, Galeri Telah Berhenti”

Sobat gaDroid, pernahkah sobat mendengar istilah atau notifikasi aplikasi yang berjalan tiba-tiba berhenti dengan sendirinya? Ya, masalah ini seringkali keluar di hampir setiap jenis android. Apa yang menjadi permasalahannya? Masih belum diketahui secara pasti.

Jika sobat sering mendownload dan menggunakan aplikasi-aplikasi di android, tentu sobat pernah menemukan pesan “Unfortunately Aplication Has Stopped” atau dalam bahasa Indonesianya yakni “Sayangnya, aplikasi telah berhenti”.

Kebanyakan permasalahan tersebut muncul di aplikasi hasil download atau bukan asli bawaan dari pabrik. Penyebabnya mungkin aplikasi tersebut corrupt, kadaluarsa, atau programnya yang terlalu berat, sehingga programnya tidak bisa dijalankan oleh android. Namun bagaimana jika hal serupa juga terjadi di aplikasi bawaan android seperti galeri misalnya?

Jika sobat mengalami gangguan aplikasi bawaan seperti ini, tentu akan sangat terganggu, sebab aplikasi bawaan merupakan aplikasi vital dalam sebuah android. Galeri pun menjadi aplikasi paling banyak diakses oleh pengguna android, sebab fungsinya yang sangat dominan dalam menunjang review-preview koleksi file bergambar seperti foto dan video.

Permasalahan-permasalahan ini terjadi di hampir semua jenis smartphone, mulai dari Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, Sony Xperia, Asus Zenfone, Lenovo, HTC, Huawei, Advan, Motorola, LG, Andromax, dan lainnya. Maka tidak heran jika terjadi “Force Close” dengan sendirinya sudah menjadi permasalahan umum.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya? Sobat-sobat gaDroid dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Cara berikut adalah solusi untuk mengatasi kebiasaan “force close” pada aplikasi galeri. Dan mungkin juga dapat dilakukan terhadap aplikasi-aplikasi lainnya yang juga mengalami masalah serupa.

Karena berhentinya sebuah aplikasi secara tiba-tiba, maka dapat diduga bahwa kemungkinan hal itu bisa terjadi akibat terdapat faktor penyebabnya. Dan lumrahnya untuk mengatasi gejala ini adalah dengan meminimalisir dugaan penyebabnya tersebut. Berikut ulasannya.

  1. Menghapus cache di android

Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan kinerja sebuah aplikasi, sebab cache merupakan file yang terbentuk ketika adanya suatu aplikasi yang dijalankan, sedangkan cache sendiri dapat dibilang sampahnya aplikasi yang dapat menghambat kinerja program dari aplikasi itu sendiri. Jadi, alangkah baiknya jika sobat rutin melakukan pembersihan terhadap cache, terkhusus aplikasi galeri yang sering sobat buka.

  1. Menghapus data galeri

Selain cache, sobat dapat mencoba untuk menghapus data galeri. Bukan berarti sobat menghapus semua file foto/video, melainkan sobat hanya menghapus data-data sampah, seperti history dan sebagainya. Hal ini bertujuan untuk menyetabilkan kembali galeri sobat.

  1. Unroot android sobat

Seringkali terjadi ketika android yang diroot meninggalkan bug, salah satunya yaitu memperlambat jalannya program aplikasi seperti galeri. Untuk mengatasinya, sobat diminta untuk unroot android sobat jika sebelumnya pernah sobat root. Mengapa hal ini mesti dilakukan? Agar keamanan android sobat kembali bekerja sebagaimana default android dari pabrik.

  1. Kembalikan ke pengaturan pabrik

Factory reset pada sebuah android merupakan cara jitu untuk merefresh kembali android sobat. Sebab dengan melakukan cara ini, maka android sobat akan berubah menjadi lebih ringan seperti halnya HP baru. Hal ini dapat memperlancar kembali kinerja aplikasi-aplikasi bawaan android, seperti galeri.

  1. Flashing android sobat

Jika factory reset pada android sobat masih saja kurang maksimal, maka sobat dapat melakukan cara yang terakhir ini, yaitu flashing android. Cara ini paling ampuh untuk mengembalikan android seperti pertama kali android digunakan. Cara ini memungkinkan sobat dapat menggunakan android layaknya HP baru.

Dari kelima cara di atas, langkah ke empat dan lima merupakan cara yang dapat menghilangkan semua data-data yang ada tersimpan di android. Untuk itu, sebelum sobat melakukannya, sobat harus membackup atau menyalin data-data yang penting agar tidak terjadi kehilangan.

Sekian kiranya cara yang dapat dilakukan bagi sobat yang mengalami gangguan “force close” di aplikasi galeri dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *