Hello sobat gaDroid…
Baterai merupakan komponen penting dalam sebuah perangkat smartphone android sebagai nyawa agar tetap hidup. Namun tak bisa dihindari, daya baterai akan bisa habis ketika smartphone digunakan terus menerus. Bahkan baterai juga bisa mengalami kerusakan lantaran usia pemakaian yang sudah lama. Kerusakan ini akan cepat terjadi apabila sobat tidak merawatnya dengan benar seperti ketika melakukan pengisian ulang daya baterai. Ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan ketika sedang mengisi ulang daya baterai agar bisa lebih awet.

Cara Isi Ulang Daya Baterai Smartphone Android Sesuai Anjuran

1. Tidak Sambil Digunakan
Apakah sobat sering menggunakan smartphone ketika sedang melakukan pengisian ulang daya baterai? jika iya sebaiknya tinggalkan kebiasaan tersebut karena hal itu bisa menyebabkan temperature ponsel cepat naik sehingga terjadi overheat atau panas berlebih. Jika sudah demikian performa baterai akan cepat menurun dan mudah mengalami drop. Lebih baik membiarkan smartphone terisi semalaman ketika tidur meskipun sudah penuh dibandingkan tetap menggunakan smartphone sambil pengisian daya baterai.

2. Jaga Kondisi Baterai Tetap Dingin
Penyebab baterai smartphone cepat rusak bahkan meledak sebenarnya bukan dari berapa lama waktu pengisian daya dilakukan, namun berapa kekuatan baterai dalam menahan panas yang dihasilkan saat terisi daya. Baterai pada smartphone lebih sensitive terhadap panas bahkan ada vendor yang memberi saran untuk melepas casing ketika sedang di charge agar panas baterai dapat terisolasi. Untuk itu perhatikan kondisi baterai saat sedang pengisian daya dan jaga terus agar kondisinya tetap dingin.

3. Gunakan Charger Original atau Charger Yang Sesuai
Mengisi ulang daya baterai bukan hanya asal mencolokkannya pada sumber arus listrik namun juga perhatikan pula perangkat charger yang digunakan. Beda perangkat charger beda pula arus dan tegangan yang dihasilkan. Sementara pihak vendor sudah mengatur tingkat arus dan tegangan yang dapat diterima oleh baterai dari sebuah smartphone. Untuk itu usahakan tetap menggunakan charger yang asli, atau kalau tidak gunakan charger lain yang memiliki ukuran volt dan ampere yang sama dengan aslinya.

4. Lakukan Pengisian Saat Ada Kesempatan
Sebagian besar pengguna smartphone baru akan mengisi ulang saya beterai ketika sudah habis. Namun dianjurkan untuk melakukan pengisian ulang daya baterai kapan saja ada kesempatan meskipun kondisinya belum habis. Hal ini berdasarkan pernyataan dari Battery University yang menyebut bahwa mencolok dan mencabut beberapa kali bukanlah sebuah masalah dan tidak memberikan pengaruh terhadap ketahanan baterai.
.

Itulah beberapa cara yang benar dalam mengisi ulang daya baterai smartphone android yang bisa dobat terapkan nantinya. Baterai memiliki peran penting terhadap smartphone, untuk itu selalu perhatikan setiap kali melakukan pengisian ulang dayanya agar baterai bisa lebih awet dan sobat hemat tanpa harus gonta- ganti baterai.

Terimakasih, Semoga bermanfaat.