Halo sobat gaDroid…

Tak bisa ditutupi lagi bahwa sering kali dijumpai permasalahan perangkat smartphone yang berbasis android mengalami masalah overheat atau panas berlebih. Mungkin sobat juga pernah mengalaminya dimana masalah ini tentu saja membuat perangkat smartphone kurang nyaman saat digunakan.

Ada banyak faktor yang memicu masalah overheat pada perangkat smartphone android yang bukan hanya dari komponennya saja namun juga dari aktifitas penggunaan. Overheat memang hal wajar, namun jika sudah pada tahap parah bisa mengakibatkan perangkat mengalami kerusakan bahkan resiko paling buruk bisa memicu ledakan.

Cara Ampuh Mengatasi Masalah Overheat Pada Smartphone Android

Sebenarnya pihak pabrikan smartphone sudah mengantisipasinya dengan menggunakan komponen canggih dilengkapi pendingin di dalamnya. Hal ini bertujuan agar perangkat smartphone aman untuk digunakan dan tidak memicu ledakan. Meski demikian sobat masih bisa mengantisipasi jika smartphone mengalami masalah overheat, yakni sebagai berikut :

1. Pakai Baterai Asli
Pada smartphone terbaru saat ini, banyak vendor yang memakai jenis baterai tanam karena diklaim lebih awet dan lebih aman. Namun jika smartphone sudah lama digunakan dan kondisi performa baterai sudah menurun, sobat masih bisa menggantinya dengan yang baru. Nah, pada saat penggantian baterai ini usahakan untuk membeli sparepart asli dari vendor smartphone yang digunakan karena sudah terjamin kualitasnya meski harganya sedikit lebih mahal.

2. Isi Daya Baterai Secukupnya
Ketika sobat mengisi daya baterai smartphone, sebaiknya segera cabut jika sudah terisi penuh. Kebiasaan mengisi daya terlalu lama terkadang saat malam hari ketika hendak tidur sebanarnya tidak dianjurkan karena bisa membuat baterai cepat mengalami overheat.

3. Jangan Digunakan Saat Mengisi Daya
Banyak dijumpai kebiasaan tetap menggunakan smartphone untuk beraktifitas ketika sedang diisi daya apalagi untuk menjalankan aplikasi yang berat. Hal ini akan lebih cepat memicu terjadinya panas berlebih karena saat di isi daya, smartphone harus bekerja dalam menjalankan aplikasi di tambah dengan temperature panas dari baterai yang sedang di isi dayanya.

4. Jangan Gunakan Cover Tebal
Aksesoris yang sering digunakan pada smartphone adalah cover yang berfungsi melindungi body dari goresan. Jika sobat memakai cover pada smartphone, hindari bahan yang terlalu tebal karena dapat menutupi lubang udara yang masuk sehingga membuat smartphone bisa cepat mengalami overheat.

5. Non- Aktifkan Smartphone
Cara pamungkas untuk mengatasi masalah panas berlebih yakni memberikan waktu istirahat pada smartphone dengan menonaktifkannya beberapa saat. Hal ini bertujuan agar smartphone bisa menghentikan seluruh aktifitas sekaligus menurunkan temperature panasnya. Bukan hanya itu, mematikan smartphone juga bisa mempercepat aplikasi saat nanti dinyalakan kembali.

Demikian cara yang bisa sobat praktekan untuk mengatasi masalah smartphone android yang sering mengalami masalah panas berlebih. Dengan demikian, smartphone bukan hanya lebih awet namun juga bisa nyaman untuk digunakan sewaktu- waktu.

Semoga bermanfaat…. Terimakasih.