Cara Mengatasi Gangguan Koneksi dan Lag Pada Mobile Legends

Pernahkah sobat gaDroid mengalami masa-masa dimana ketika sedang asyiknya bermain game tiba-tiba macet atau lag? Tentu ini sangat menjengkelkan. Nah, salah satu game yang tidak jarang mengalami gangguan seperti ini yaitu Mobile Legends: Bang-Bang. Jika sobat adalah seorang gamer, pasti tahu dengan salah satu game yang sedang booming ini.
Game bergenre moba ini adalah salah satu game mobile favorit di berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Karakteristik dari Mobile Legends adalah karena game ini bersifat online, maka untuk memainkannya membutuhkan koneksi internet yang memadai. Sayangnya, tidak sedikit dari para gamer yang sering mengalami kendala jaringan ketika bermain game Mobile Legends. Biasanya gangguan koneksi pada Mobile Legends disimbolkan dengan ‘PING’ merah.
Bagaimana cara mengatasi masalah seperti ini? Sebenarnya sobat hanya perlu memperhatikan dan memperbaiki jaringan atau sambungan koneksi di smartphone sobat. Masalah ini tidak diakibatkan oleh game itu sendiri, melainkan faktor dari smartphone yang digunakan untuk memainkan gamenya itu.

Jika sobat kebingungan mengenai apa saja yang perlu dilakukan untuk menstabilkan koneksi dengan tujuan agar game Mobile Legends tidak lagi ngelag ketika dimainkan, berikut ini akan dijelaskan secara singkat upaya-upaya atau langkah yang perlu dilakukan. Paling tidak opsi-opsi di bawah ini dapat meminimalisir terjadinya gangguan koneksi di Mobile Legends.

Langkah Mencegah Gangguan Koneksi dan Lag Pada Mobile Legends :

1. Aktifkan “Speed Mode” di Mobile Legends
Langkah ini seringkali dimanfaatkan oleh para gamer, terkhusus pengguna Mobile Legends yang ingin melancarkan koneksi internet, terutama ketika game sedang dimainkan. Jika PING merah di Mobile Legends muncul, cobalah sobat aktifkan “Speed Mode” ini. Cara ini cukup efektif untuk menguatkan jaringan yang ditangkap, sekalipun sobat harus kehilangan kuota lebih banyak daripada sebelumnya. Karena memang fitur “Speed Mode” ini memakan banyak data internet.

2. Menstabilkan jaringan yang tersedia
Sebagaimana yang kita tahu, masing-masing dari operator jaringan memiliki kualitas dan jangkauan koneksi yang berbeda-beda, baik di sisi wilayah maupun kecepatan yang dimilikinya. Karena munculnya indikasi PING merah di Mobile Legends adalah faktor dari ketidakstabilan jaringan yang ada, maka sobat diminta untuk mencari alternatif jaringan lain, baik dengan mencari ke wilayah lain ataupun mengganti kartu operator yang digunakan dengan kartu lain yang sesuai di area tempat sobat tinggal.

3. Non-aktifkan fitur hemat baterai
Tahukah sobat bahwa salah satu minimnya pemasokan jaringan adalah karena adanya pembatasan? Hal ini diakibatkan oleh fitur hemat daya baterai di sebuah smartphone yang mengakibatkan fitur-fitur lainnya termasuk koneksi jaringan menjadi terbatas. Akibatnya, ketika kita bermain game Mobile Legends akan mengalami gangguan internet (PING merah), untuk itu silahkan sobat matikan fitur hemat daya baterai jika sekiranya fitur itu memang aktif ketika sobat memainkan game Mobile Legends.

4. Matikan aplikasi lain yang berjalan secara bersamaan
Solusi lain untuk mengatasi PING merah di Mobile Legends adalah dengan memberhentikan program aplikasi lain yang sedang berjalan di latar belakang. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Sebab apabila ada banyak aplikasi yang menggunakan koneksi internet salah bersamaan, maka dipastikan setiap aplikasi tidak dapat mengakses internet secara maksimal, termasuk game Mobile Legends. Untuk itu jika sobat ingin memainkan game Mobile Legends ini, pastikan tidak ada aplikasi lain yang juga menggunakan layanan internet.

5. Manfaatkan aplikasi penguat sinyal
Pernahkah sobat mendengar sebuah aplikasi yang digunakan untuk menguatkan sinyal? Ya, ada banyak jenis-jenis aplikasi pihak ketiga yang fungsinya menguatkan jaringan di smartphone. Sedangkan untuk mengatasi masalah PING merah di game Mobile Legends ini, kita dapat memanfaatkan aplikasi penguat sinyal tersebut. Adapun sobat dapat mendownloadnya melalui Google Play Store jika sobat menggunakan operasi android.

Nah, melalui kelima cara diataslah sobat dapat mengatasi masalah gangguan jaringan ketika bermain game Mobile Legends: Bang-Bang. Adapun untuk menggunakan cara tersebut, pastikan bahwa game memiliki masalah terhadap jaringan internetnya, hal ini dapat diketahui saat sobat bermain game Mobile Legends muncul notifikasi permasalahan terhadap jaringan internet (PING merah). Jika ternyata game tersebut mengalami kemacetan atau lag namun tidak ada notifikasi permasalahan mengenai jaringan internet, maka masalah yang terjadi bukan di bagian koneksinya, melainkan di bagian yang lain, seperti ruang penyimpanan misalnya. Jika memori penuh maka game Mobile Legends ini juga akan mengalami lag atau lemot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *