Hai sobat gaDroid….. Smartphone menjadi perangkat yang saat ini selalu digunakan dalam berbagai aktifitas setiap hari. Fitur yang lengkap membuat smartphone ini tidak hanya sekedar untuk media komunikasi saja, namun juga untuk aktifitas lainnya. Semua orang termasuk sobat, tentunya ingin smartphone terlihat bersih dan terawat agar nyaman saat digunakan salah satunya dengan memberikan aksesoris kaca pelindung gores pada bagian layarnya. Namun sobat juga harus tahu bahwa kaca pelindung gores tersebut masih belum bisa melindungi layar smartphone dari kotoran ataupun bekas sidik jari sehabis digunakan.

Kotoran maupun bekas sidik jari yang menempel pada bagian layar tentu membuat tidak nyaman karena bisa menghalangi pandangan kita. Untuk membersihkan layar tersebut tidak boleh dilakukan secara asal begitu saja sebab bagian layar tersebut sangat sensitif. Jika salah dalam teknik membersihkan layar, bukan hal tak mungkin akan timbul goresan yang nantinya tidak bisa dihilangkan.

Sobat, berikut kami sajikan beberapa cara aman untuk membersihkan layar pada smartphone yang kotor.
.

Cara Membersihkan Kotoran Dari Layar Smartphone Secara Aman :

1- Matikan Atau Kunci Smartphone
Sebelum sobat memulai membersihkan bagian layar, pastikan bahwa smartphone kesayangan sudah dalam kondisi terkunci atau kondisi mati. Hal ini bertujuan agar nanti ketika dibersihkan, layar tidak memberikan respon terhadap sentuhan maupun gesekan yang dilakukan. Selain itu, mengunci atau mematikan smartphone juga mencegah terjadinya korsleting ketika layar sedang dibersihkan.

2- Pakai Cairan Pembersih Khusus
Kotoran kering yang terdapat pada layar memang cukup sulit dibersihkan. Untuk mengatasinya, sobat bisa memakai cairan khusus pembersih kaca dan pastikan terlebih dahulu cairan tersebut memang aman terhadap layar dari smartphone. Teknik membersihkannya sendiri dianjurkan untuk tidak langsung meneteskan pada layar namun diteteskan terlebih dahulu pada sepercak kain yang bersih dan halus. Gunakan cairan pembersih layar tersebut secukupnya saja sebab tidak semua smartphone bisa menerima cairan tersebut.

3- Gunakan Kain Halus
Untuk membersihkan layar, gunakan kain yang berbahan halus agar tidak menyebabkan goresan saat proses pembersihan. Sebagai rekomendasi, pilihlah bahan kain dari jenis microfiber yang sudah terbukti aman pada layar karena serat kainnya sangat halus. Selain kain microfiber, sobat juga bisa menggunakan kapas, tisu, atau bahan lain namun pastikan bersifat halus dan bersih.

4- Teknik Menggosok
Setelah media pembersih siap, gosokan pada bagian layar secara benar yakni dengan teknik secara perlahan dan melingkar agar kotoran pada layar bisa cepat hilang. Tidak dianjurkan untuk menggosok layar secara vertical atau horizontal karena ini akan membuat kotoran tidak mudah hilang namun justru semakin lebar.

.

Itulah cara yang aman untuk membersihkan layar smartphone dari kotoran. Dengan perawatan yang rutin secara benar, layar pada smartphone akan terjaga selalu bersih dan nyaman untuk digunakan. Sobat juga akan semakin percaya diri ketika membawa smartphone kesayangan untuk beraktivitas.

Terimakasih.