Bermain game rasanya telah menjadi bagian dari rutinitas setiap hari, terutama bagi kita yang memiliki smartphone android. Game sendiri menjadi media hiburan yang kadang wajib untuk dimainkan. Maka dari itu tidak heran jika semakin hari game semakin banyak diminati. Seiring dengan perkembangan game yang semakin pesat di masa sekarang ini, memungkinkan semakin banyaknya game-game baru yang muncul. Begitu juga dengan masa popularitas game, yang mana di setiap waktu-waktu tertentu selalu saja ada game yang menjadi booming. Sedangkan untuk saat ini, game bernama Mobile Legends: Bang-Bang adalah salah satu game yang paling banyak dimainkan oleh para gamer. Sobat pasti tahu dengan game satu ini, atau mungkin sobat merupakan salah satu dari sekian banyaknya peminat game Mobile Legends. Di Google Play Store sendiri, game bernama “Mobile Legends: Bang-Bang” telah diunduh lebih dari 100 juta kali, bahkan rating yang dimilikinya cukup bagus.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan jika game yang satu ini terkadang memiliki masalah yang dapat membuat gamer mengeluhkan akan problem yang seringkali muncul dari Mobile Legends. Mungkin sobat pernah mengalami atau menemui masalah “Sayangnya, Mobile Legends Telah Berhenti” atau dalam bahasa Inggris “Unfortunately, Mobile Legend Has Stopped”. Ya, masalah ini tidak jarang kita temui di game Mobile Legends: Bang-Bang ketika dimainkan.

Sebenarnya ada berbagai faktor yang menyebabkan game Mobile Legends secara tiba-tiba berhenti dengan sendirinya, dan masalah ini menjadi problem yang umumnya terjadi terhadap aplikasi-aplikasi lain di android. Biasanya masalah ini diakibatkan oleh penuhnya memori penyimpanan atau bisa saja terjadi akibat adanya data yang corrupt.
Di bawah ini akan dijelaskan tentang bagaimana cara mengatasi game-game yang secara tiba-tiba berhenti dengan sendirinya, terkhusus untuk game Mobile Legends: Bang-Bang.

1. Memastikan ruang penyimpanan mencukupi
Game Mobile Legends adalah salah satu jenis game yang memakan ruang penyimpanan cukup besar, terutama ketika game sedang dimainkan. Dan semakin lama, ukuran data game akan semakin bertambah. Nah untuk itu, maka sangat disarankan agar sobat mengosongkan rumah penyimpanan yang cukup.
Gunakanlah android yang memiliki spesifikasi cukup untuk bermain game Mobile Legends ini, khususnya di bagian memori, baik ROM maupun RAM. Disamping itu, usahakan android tidak menginstal banyak aplikasi secara bersamaan, agar ruang penyimpanan dapat dimaksimalkan ketika bermain game Mobile Legends.

2. Hapus data cache game Mobile Legends
Setiap aplikasi tertentu memiliki data sampah dari program yang dijalankannya, tidak terkecuali game Mobile Legends: Bang-Bang. Data sampah ini umumnya mengakibatkan aplikasi tertentu menjadi lambat atau lelet, atau bahkan keluar dari aplikasi cara tiba-tiba.
Untuk itu, bersihkanlah aplikasi game Mobile Legends dari file-file sampah berupa data cache. Adapun cara yang dapat dapat dilakukan adalah dengan pergi ke bagian menu Pengaturan » Aplikasi » Manager Aplikasi » “Mobile Legends: Bang-Bang” » “Bersihkan Cache”.

3. Hapus data game Mobile Legends secara keseluruhan
Apabila penghapusan terhadap data cache masih belum cukup untuk mengatasi masalah ini, maka cara yang harus dilakukan selanjutnya adalah menghapus data game Mobile Legends itu sendiri. Karena pada umumnya, sebuah aplikasi akan kembali normal ketika datanya telah dihapus. Untuk melakukannya, silahkan buka menu Pengaturan » Aplikasi »Manager Aplikasi » “Mobile Legend: Bang-Bang” » “Hapus Data” » “Hapus Semua Data”.

4. Update game Mobile Legends: Bang-Bang
Solusi lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengupdate aplikasi game Mobile Legends ini. Tidak salahnya jika sobat mencoba memperbaharuinya di Google Play Store.
Jika cara tersebut tidak mampu mengatasi aplikasi game Mobile Legends yang masih saja mengalami gangguan, silahkan sobat hapus aplikasi tersebut dengan cara : buka menu Pengaturan » Aplikasi » Manager Aplikasi » “Mobile Legend: Bang-Bang” » “Uninstall” » “OKE”. Setelah itu, sobat Install ulang game Mobile Legends ini.

5. Update sistem android
Kemungkinan terjadinya masalah aplikasi yang sering berhenti atau keluar secara tiba-tiba juga dapat diatasi melalui pembaharuan terhadap sistem android. Cobalah sobat untuk melakukan pembaharuan sistem dengan membuka menu Pengaturan » Tentang Perangkat » “Perbarui Perangkat Lunak” » Reboot atau restart android sobat.

Sekian tutorial cara mengatasi masalah game Mobile Legends yang seringkali berhenti atau keluar dengan sendirinya secara tiba-tiba. Semoga cara tersebut dapat mengatasi masalah yang sobat alami. Dan apabila sobat juga mengalami hal serupa di aplikasi-aplikasi lainnya, misal : “Sayangnya, Galeri Telah Berhenti” … sobat juga dapat mengatasinya menggunakan langkah-langkah di atas.