Begini Cara Membuat Android Jadi Joystick Laptop

Halo sobat gaDroid.com, pernahkah sobat berpikir tentang bagaimana sebuah perangkat android bisa menggantikan posisi perangkat lain di luar program android itu sendiri? Seperti halnya menjadi Joystick sebuah gadget laptop atau PC!
Mungkin bagi sobat yang baru pertama kali mendengarnya akan terheran-heran. Tapi demikianlah teknologi masa kini, apapun bisa terjadi, sebagaimana android sendiri sekarang menjadi sentuhan wajib di hampir seluruh kalangan, oleh karena itu bukanlah hal yang tidak mungkin jika hanya sekedar android bisa digunakan menjadi Joystick, selain aktifitas layaknya smartphone pada umumnya.

Jika sobat adalah seorang gamer laptop, tentu sobat membutuhkan yang namanya perangkat Joystick. Ya, dengan Joystick sobat dapat bermain game dengan lebih nyaman ketimbang menggunakan keyboard laptop itu sendiri. Tapi kali ini sobat tidak perlu lagi menggunakan Joystick jika ingin bermain game. Sebab dengan sebuah smartphone android saja sobat sudah bisa bermain game laptop dengan nyaman layaknya menggunakan Joystick. Jadi jika sobat tidak memiliki Joystick untuk bermain game di laptop, gunakan saja android sobat sebagai penggantinya. Caranya cukup mudah.
Lalu bagaimana cara menjadikan android sebagai Joystick ini? Sobat dapat mempraktekkannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

 

Cara membuat android jadi Joystick Laptop atau PC.

1. Seperti biasa, sebelum ke tutorial selanjutnya, sobat diminta untuk menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu yaitu aplikasi serta software yang dibutuhkan nantinya. Adapun aplikasi dan software tersebut adalah :

Sobat dapat mendownloadnya secara gratis. Mengapa harus menginstal keduanya? Max Remote Control di android berfungsi layaknya sebagai emulator yang nantinya akan menjadi programnya Joystick melalui android sendiri. Sedangkan Max Remote Control Server di laptop berguna untuk menangkap dan mengidentifikasi alamat IP yang dikeluarkan android sobat. Dalam hal ini tujuannya adalah untuk mengkoneksikan antara android dengan laptop.

2. Setelah sobat memiliki keduanya, silahkan install di masing-masing android dan laptop sobat.

3. Hidupkanlah Hotspot Thetering yang ada di android sobat, kemudian sambungkan koneksi antara laptop dengan android sobat melalui perantara wifi-hotspot. Mengapa hal ini dilakukan? Untuk mendapatkan server alamat IP dari android ke laptop, sehingga keduanya saling terhubung.

4. Setelah koneksi terhubung, silahkan sobat buka software Max Remote Control Server di laptop. Di situ akan ada 2 pilihan server address yang muncul. Abaikan terlebih dahulu.

 

5. Sekarang waktunya sobat buka Max Remote Control di android. Apabila muncul pemberitahuan, silahkan sobat klik ‘Installed the New Server‘ lalu Add Manually. Nah di sini, sobat harus menginput atau memasukkan salah satu kode atau alamat server dari dua pilihan di laptop tadi.

 

6. Pastikan keduanya sudah terhubung. Langkah selanjutnya yakni sobat tinggal mengklik icon Joystick di Max Remote Control android. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan, sobat klik pada menu pilihan ‘Play Station 3′ agar muncul tampilan Joystick seperti biasanya. Sekarang sobat dapat mencobanya.

 

Sebenarnya fungsi dari Max Remote Control ini sendiri tidak hanya dalam hal Joystick saja, sobat juga dapat memanfaatkannya untuk keperluan lain, seperti menjadikan android sebagai touchpad/kursor laptop atau menjadikan android sebagai keyboard laptop.

Cara ini terbilang cukup praktis, sebab jika sobat ingin bermain game di laptop, sobat tidak harus membeli Joystick, melainkan menggunakan android sobat. Selain itu, cara ini tidak membutuhkan kabel melainkan melalui sambungan nirkabel, sehingga dapat memudahkan sobat dalam penggunaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *