Cara Mengatasi Lupa Pola di Android Tanpa Reset

Tentu sangat menjengkelkan ketika kita mengalami lupa pula di android, apalagi jika kita tengah membutuhkan android tersebut. Bagi kebanyakan orang selalu berpikir bahwa satu-satunya solusi untuk mengatasi lupa pola ini adalah dengan mereset atau menyetel ulang android tersebut. Namun tahukah sobat jika kita melakukan reset terhadap android akan menyebabkan seluruh data yang tersimpan hilang?

Di sini admin gaDroid akan menjelaskan mengenai bagaimana cara mengatasi lupa pola di android tanpa mereset android tersebut. Adapun terdapat dua metode yang dapat dilakukan, yang pertama adalah melalui android itu sendiri dan yang kedua adalah dengan bantuan pihak ketiga yaitu komputer/PC.

Lebih jelasnya, berikut 2 metode cara mengatasi lupa pola di android tanpa reset.

.
1. Memanfaatkan fitur “Forgot Pattern” atau “Lupa Pola”

Solusi pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi lupa pola adalah dengan menggunakan fitur “Forgot Pattern” atau yang kita kenal dengan “Lupa Pola”. Kelebihan dengan melalui cara ini adalah, android sobat tidak akan kehilangan data-data yang sudah tersimpan di memori android layaknya reset/setel ulang. Fitur yang satu ini merupakan jalan keluar dikala sobat kebingungan cara mengatasi lupa pola di android. Cukup dengan memanfaatkan akun google, yaitu email yang telah kita sematkan di dalam android, maka lupa pola ini dapat kita atasi. Bagaimana caranya?cara mudah mengatasi lupa kunci pola
Untuk menggunakan fitur “Forgot Pattern” atau “Lupa Pola”, android kita harus berada dalam posisi tersambung ke internet (jaringan data aktif), karena dalam prosesnya nanti kita akan mengakses email secara otomatis. Jika ternyata android sedang tidak terhubung ke internet, maka cara ini tidak bisa dilakukan :

  1. Cara yang pertama adalah mengaktifkan android yang akan diatasi.
  2. Pada saat posisi ON, silahkan sobat langsung saja klik “Forgot Pattern” atau “Lupa Pola” atau “Lupa kata sandi” yang terdapat di bagian bawah pola.
  3. Setelah masuk ke halaman baru, silahkan sobat isi kolom yang tersedia dengan email dan password yang sama dengan akun google di android tersebut dan klik “sign in“.
  4. Selanjutnya sobat akan diberi dua pilihan metode pembukaan pola android, yang pertama yaitu google akan memberikan beberapa pertanyaan yang harus sobat jawab, sedangkan metode kedua google akan mengirimkan informasi pola ke alamat email sobat yang telah sobat gunakan di akun google android tersebut. Silahkan sobat pilih metode yang kedua.
  5. Langkah selanjutnya sobat diminta untuk membuka email sobat. Bisa menggunakan perangkat lain baik HP maupun PC. Di bagian email, akan ada pesan bergambar atau informasi mengenai pola android sobat.
  6. Langkah terakhir yaitu dengan mengikuti arahan google (masukkan pola) untuk kemudian sobat dapat membuka pola di android sobat.
.
2. Menggunakan bantuan pihak ketiga, yaitu ADB di komputer

Jika cara pertama di atas tidak bisa dilakukan dengan alasan android tidak dalam keadaan terhubung ke internet atau lainnya, sobat dapat menggunakan langkah yang kedua ini.
Jika langkah yang pertama mengharuskan android terhubung ke internet, maka untuk langkah yang kedua ini mengharuskan android berada dalam keadaan debugging USB (aktif). Adapun jika android belum mengaktifkan mode debugging USB, maka cara ini tidak bisa dilakukan.

  1. Langkah pertama adalah dengan menyambungkan android dengan komputer. Setelah itu buka perintah Command Prompt/CMD di komputer (direktori instalasi ADB).
  2. Setelah itu, sobat ketik adb shell rm/data/system/gesture.key kemudian tekan enter.
  3. Langkah terakhir adalah dengan merestart atau reboot android sobat, dan setelah itu dipastikan pola akan hilang dalam beberapa saat. Untuk itu, sebelum waktunya habis, silahkan sobat ganti pola android tersebut.
  4. Jangan lupa tutup lagi Developer Options Mode biar aman dari infeksi virus maupun malware.

.

Demikianlah metode cara mengatasi lupa pola di android tanpa reset. Adapun jika kedua metode diatas tidak bisa dilakukan di android sobat, maka mau tidak mau sobat harus mereset/flashing ulang Android sobat, yang berisiko menghilangkan semua data tersimpan di android, kecuali sobat telah backup atau menyalin nya terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *