CARA ROOT HP SAMSUNG TANPA GAGAL

Halo… sobat gaDroid…  met jumpa lagi salam oprek.
Banyak keluhan dari para pemakai HP Samsung ketika melakukan Rooting maupun Flashing sering berakhir dengan kegagalan (tidak work) meski sudah berbagai macam cara dilakukan yang tanpa PC lah, pake Framaroot lah, Kingroot lah, Towellroot lah dll,
Kalau menurut admin, cara root atau flash HP Samsung agak beda perlakuan dengan hp/smartphone merk lain. Senjata/tool paling ampuh bernama ODIN dan untuk rootnya menggunakan File CF Auto Root, bagi yang sudah memakai tehnik ini pasti tahu kalau tingkat keberhasilannya 99% asal dilakukan dengan benar langkah-langkahnya.
.

Bagi yang belum tahu apa itu Odin, admin jelaskan sedikit, Odin merupakan software yang dikembangkan oleh Samsung electronic yang hanya bisa dioperasikan di windows PC atau Laptop dan berfungsi untuk menginstal ROM atau firmware, akses root, recovery flash, flash ROM, modifikasi partisi dan menginstal kernel. Dan beredar khabar kalau Odin merupakan aplikasi milik Samsung yang bocor dengan sengaja (dari wikipedia). Kemudian akhirnya beberapa ahli pemrograman yang tergabung di forum XDA terus melakukan pengembangan dan penyempurnaan agar dapat digunakan untuk nge-flash hh Samsung hingga sekarang dengan berbagai fitur dan fungsi tambahan lainnya.

.

Untuk kali ini admin akan berikan tutorial BAGAIMANA CARA ROOT HP SAMSUNG via ODIN dengan File CF AUTO ROOT.

Admin sarankan baca dulu artikel ini : 7 Persiapan Sebelum Oprek Android

BAHAN-BAHAN :

PC/Laptop OS Windows bagi sobat yg gak punya bisa ke warnet.

Kabel USB Original atau yang berkualitas bagus.

File ODIN >> Download di SINI  ,  Lalu simpan dan ekstrak di PC/Laptop.

File CF AUTO ROOT  >> Download di SINI  , pilih sesuai type dan model HP sobat, file berupa tar.md5 . Ekstrak dan simpan di PC/Laptop.

Samsung USB DRIVER >> Download di SINI  , Lalu install di PC/Laptop.

.

Jika bahan bahan di atas sudah disiapkan dan diunduh, oke kita lanjut langkah berikutnya:

CARA ROOT HP SAMSUNG :

  1. Aktifkan USB Debuging dan OEM unlock pada HP Samsung sobat dengan masuk ke  Settings >> Developer options >> usb debungging. Dan  Settings >> Lock screen and security >> Unknown sources.
  2. Jalankan Odin.exe (run as administrator) dari file zip yang sudah diextract tadi. Jika sobat memakai odin yang lain jangan lupa beri ceklis pada Auto Reboot dan F. Reset Time. Klik pada AP/PDA kemudian cari dan masukkan file tar.md5 tadi.
  3. Matikan HH Samsung sobar kemudian masuk ke Mode download, caranya tekan dan tahan 3 tombol secara bersamaan: volume down, home dan power, kira kira 5 detik sampai muncul logo booting samsung lalu lepas. Tekan tombol volume up lagi untuk masuk ke tampilan mode download.
  4. Sambungkan hh samsung sobat ke PC/laptop dengan kabel USB lalu lihat tampilan Odin harus muncul tulisan added!! didalam kotak message dan di bagian ID:COM jadi berwarna biru kemudian Klik Start untuk memulai flashing.
  5. Masuk dapur bikin kopi dulu sob biar gk panik nunggu proses selesai sampe keluar pesan “PASS!” di bagian sebelah kiri atas odin., baru lepaskan kabel usb dan close aplikasi odin.
  6. Otomatis ponsel akan melakukan restart / reboot. Tunggu hingga HP masuk ke menu pengaturan awal android dan muncul aplikasi SuperSU di layar.
  7. Buka dan lakukan Update Binary.
  8. Untuk meyakinkan apakah android sudah benar-benar root atau belum, check menggunakan application Root Checker (cari di Play Store).
  9. BERES.

Demikian tutorial CARA ROOT HP SAMSUNG via ODIN dengan File CF AUTO ROOT.

PERHATIAN :

  • Root dan install custom rom menyebabkan garansi tidak berlaku lagi.
  • Lakukan full backup terlebih dahulu baik itu Sistem Operasi Android ataupun data-data penting lainnya, apabila ROM ini tidak cocok bisa dengan mudah restore ke ROM lama sobat.
  • Admin tidak bertanggung jawab terhadap kerusakan  setelah mempraktekan tutorial yang ada di blog gadroid, karena ditest dan berhasil. Segala resiko di tanggung pembaca.

.

Credit & Thanks to :
Forum XDA
Samsung Developer
Chainfire.eu
Sobat gaDroid semua

See You Next Time #SALAMBOOTLOOP …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *