CARA FLASHING XiaoMi [Semua Type]

Hallo sobat gaDroid… salam jumpa lagi salam bootloop…Admin akan mengulas cara Flashing untuk HP XiaoMi. Flashing adalah proses memasukkan firmware / OS (file flash) ke ponsel atau pemrograman ulang handphone, kalo di dunia komputer sering disebut Intall Ulang PC/Laptop.
Ada beberapa alasan untuk memflashing HP diantaranya :   
•    Mati total (matot)

•    Bootloop
•    Restart terus
•    Blank putih
•    Stuck di logo
•    Hang
•    Upgrade versi firmware yang terbaru
•    Ganti ROM, dll

Sebelum lanjut melakukan flashing, alangkah lebih baiknya baca dulu artikel ini : 7 Persiapan Sebelum Oprek Android  

Penting untuk di perhatikan :

  • Flashing Xiaomi ini hanya untuk orang yang membutuhkannya, karena ini mengandung resiko.
  • Lakukan Backup data terlebih dahulu karena proses flashing mengakibatkan hilangnya data-data yang kita simpan di memori internal HP.
  • Untuk memudahkan proses flashing agar lancar, lakukan Unlock Bootloader dulu. Bagi yang belum tahu simak Cara UBL XiaoMi.
  • Level daya baterei harus di atas 60%

Ada 2 Cara untuk melakukan Flashing HP Xiaomi sobat, yaitu Cara Flashing Xiaomi Tanpa PC dan Cara Flashing Xiaomi dengan PC. Baik langsung saja admin akan ulas masing-masing caranya sebagai berikut :

A.  CARA FLASHING XIAOMI TANPA PC :

  1. Download dulu file zip ROM nya pilih sesuai jenis dan type HP Xiaomi sobat di SINI. 
  2. Simpan file zip hasil unduhannya ke memori internal di luar folder saja.
  3. Ubah nama filenya menjadi update.zip, misalnya : dari miui_HM2XWC_V8.2.3.0.KHJCNDL_49b241e766_4.4.zip menjadi update.zip.
  4. Lalu masuk ke aplikasi Updater, pilih menu titik 3, masuk ke Setting > About phone >System update > pilih Choose Update Package > lalu pilih file ROM yang sobat simpan tadi.

                                                                     
                                                                      ATAU

Setting > About phone >System update > pilih Reboot to Recovery mode > gunakan tombol volume up +down  untuk memilih keatas/kebawah dan tombol power untuk konfirmasi/select > Pilih bahasa > pilih Install update.zip to system > konfirmasi dengan pilih YES dan proses akan berjalan.
 

                                       
HP Xiaomi sobat mulai melakukan proses upgrade dan akan reboot ketika proses flashing selesai.

B.  CARA FLASHING XIAOMI DENGAN PC :

Cara kedua ini menjadi pilihan jika sudah melakukan cara pertama yang tanpa PC tapi tidak berhasil. Cara sangat work pada Hampir Semua Xiaomi yang menggunakan Chipset Snapdragon. Untuk Flash Xiaomi Chipset Mediatek bisa menggunakan SP Flash Tool.

BAHAN-BAHAN :

  1. PC/Laptop minimal berOS Win 7.
  2. Kabel USB Ori atau yang bagus.
  3. Driver USB Xiaomi, unduh DI SINI atau Mi PC Suite unduh DI SINI 
  4. Aplikasi MiFlash, unduh DI SINI 
  5. ROM pilih salah satu DI SINI  sesuaikan dengan jenis HP Xiaomi sobat. Kemudian rubah Format Extensinya dengan cara klik kanan ROM Fastboot yang sudah berhasil didownload tadi > rename > dan ubah .TAR menjadi .TGZ .

LANGKAH-LANGKAH : 

  1. Jika os windows sobat 64 bit, lakukan Disable Driver Signature Enforcement dulu.
  2. Instal Driver USB/Mi PC suite dan MiFlash yang sudah sobat unduh tadi pada PC.
  3. Extract ROM,  kemudian pindahkan hasil extract nya ke Drive C.
  4. Aktifkan USB Debugging pada smartphone sobat. Dengan cara Masuk ke menu Setting » About Phone, Ketuk 7 kali dengan cepat pada MIUI version hingga muncul notifikasi “You are a developer now”.. Kemudian masuk ke Setting » Additional settings » Developer options/Opsi Pengembangan. Jika ada pilihan Mi Unlock Status , silahkan tekan saja kemudian Add Account Devices. Sehingga muncul Allow USB debugging?  Klik OK.
  5. Sambungkan HP Xiaomi sobat ke PC. Jika muncul notifikasi, silahkan tekan Always allow atau ingat. 
  6. Pada HP Xiaomi sobat, silahkan masuk ke Download Mode atau EDL Mode dengan Cara : Cabut kabel  USB dari HP ke PC > Matikan HP Xiaomi sobat > Nyalakan dengan tekan dan tahan tombol volume UP+Power agak lama. > Maka akan muncul menu, > Silahkan Pilih Download. > Jika layar HP sobat hitam atau blank. Itu tandanya sudah berhasil masuk ke Download mode atau EDL mode.
  7. Jalankan MiFlash yang sudah terinstal tadi. Kemudian tekan Browse dan arahkan ke ROM yang sudah di extract tadi. Kemudian Pilih sampai ke Folder Images .
  8. Sambungkan HP dan PC menggunakan Kabel USB. dan kemudian tekan refresh pada MiFlash. Jika muncul tulisan COMXX (Note : XX adalah angka, bisa 1 angka bisa 2 angka) artinya sudah siap untuk proses flashing.
  9. Pada bagian Bawah Miflash, tekan Flash All atau Clear All . Proses ini akan mengapus Internal memory HP Xiaomi yang sobat pakai.
  10. Lalu tekan Flash pada MiFlash. Tunggu proses Flashing berjalan kira-kira makan waktu antara 10 sampai 15 menitan sampai muncul tulisan Flash Success atau Flash Successfully.
  11. Cabut kabel USB , dan nyalakan HP Xiaomi sobat dengan menakan tombol power agak lama.
  12. Proses menghidupkan HP Xiaomi sobat mungkin akan agak lama. Karena ini adalah proses reboot pertama kali sejak diinstal ulang. Tetapi kedepannya akan seperti biasa lagi.

Catatan :

  • Lakukan Cara di atas sesuai dengan Instruksi dan jangan lewatkan satu langkahpun.
  • Admin tidak bertanggung jawab terhadap kerusakan  setelah mempraktekan tutorial yang ada di blog gaDroid karena tutorial ini sudah dipraktekkan dan berhasil.

Itulah info dan tutorial mengenai Bagaiman Cara Flashing untuk HP Xiaomi semua type …..
Semoga bermanfaat bagi sobat gaDroid sekalian, sekian dan terimakasih.

See You Next… #SALAMBOOTLOOP…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *