Halo sobat gaDroid…  met jumpa lagi salam oprex. Setelah beberapa hari admin gak sempat update blog karena kesibukan offline, pada kesempatan ini admin akan bahas mengenai Bagaimana cara melakukan Unlock Bootloader (UBL) pada HP Xiaomi Redmi semua type. Namun sebelum jauh membahas Cara mengunlock bootloader, mungkin ada sebagian dari sobat gaDroid yang belum mengerti apa itu UBL. Baik admin akan memberikan sedikit ulasan sedikit tentang  UBL.

Apa itu Unlock Bootloader (UBL) ?
Bootloader adalah sistem pengisi dari sebuah operasi sistem (OS) yang berfungsi untuk mengarahkan kernel OS melakukan booting secara normal. Karena setiap OS Android bersifat open source dan memiliki berbagai jenis hardware yang berbeda, maka setiap OEM juga memiliki versi spesifikasi bootloader tersendiri untuk hardware yang digunakan.  Xiaomi menggunakan Sistem Lock Bootloader pada HP keluaran 2016  keatas. Tujuannya adalah demi keamanan dan keaslian HP Xiaomi. Walaupun membuat kita sedikit ribet kalau mau melekukan Unlock bootloader nya.

Dari pengertian bootloader di atas maka UBL atau Unlock Bootloader dapat diartikan sebagai cara untuk membuka sistem yang terkunci agar memudahkan saat mengoprek device sobat. Agar handhone sobat dapat dioprek, pasang TWRP, diRoot, ataupun ganti Custom ROM, maka sobat buka kunci bootloadernya (Unlock Botloader).
Untuk Unlock Bootloader HP Xiaomi, sobat harus mengirim permohonan ijin dulu dengan melakukan registrasi di en.miui.com  dan menunggu SMS persetujuan. Ini berlaku untuk semua perangkat Xiaomi yang dirilis pada tahun 2016 ke atas, mulai dari Mi4C, Mi4I, Mi 4S, Redmi 4 Series, Redmi Note 3, Mi Note Series, Redmi 3, dan Mi5.

Manfaat Unlock Bootloader (UBL) :

  • Dapat menginstal TWRP/Custom Recovery yang berfungsi untuk memodif HH sobat.
  • Lebih bebas saat hendak ingin flashing room.
  • Mempermudah Rooting.
  • Flashing ROM/CUSROM.
  • Bisa Pasang Xposed.
  • Tweaks, dll.

Resiko/Kelemahan Melakukan Unlock Bootloader (UBL) :

  • Garansi hangus.
  • Rentan virus dan malware.
  • Memperlemah keamanan device bahkan bisa mengalami Brick.

CARA UNLOCK BOOTLOADER (UBL) :

A. Registrasi Mi Account :
Buat Mi Account terlebih dahulu.
Pada HP Xiaomi sobat ….Masuk ke Menu Setting >> Mi Account
gunakan Nomor Handphone sobat saja, jangan alamat E-mail.
Ikuti langkah selanjutnya hingga pembuatan Mi Account selesai.

B. Request Unlock :

  1. Registrasi DI SINI.
  2. Tekan Unlock Now, Scroll sedikit kebawah, ganti bahasa ke English. Login dengan nomor HP (+62) yang sudah sobat daftarkan pada Mi Account tadi.
  3. Isi Kolom Full Name, Nomor dan Alasan untuk Unlock (pakai bahasa inggris).
  4. Setelah itu tunggu sampai dapat SMS persetujuan UBL dari Xiaomi (sekitar 2- 10 harian).

C. Langkah Langkah Unlock Bootloader Xiaomi :

  1. Install USB driver pada PC/Laptop sobat :  Xiaomi Android USB Driver. 
  2. Download MiFlash Unlock Tool. kemudian ekstrak dan letakkan di drive C: atau pada folder tanpa spasi.
  3. Login dengan Mi Account pada HP Xiaomi sobat (kondisi terhubung ke internet). Jalankan miflash_unlock.exe sebagai Administrator (Run as Administrator), kemudian klik Agree.
  4. Pada Mi Unlock, login menggunakan data Mi Account HP sobat lalu klik Sign in.
  5. Aktifkan USB Debugging Mode, dgn cara : Masuk ke menu Setting » About Phone, Ketuk 7 kali pada MIUI version hingga muncul notifikasi “You are a developer now”.. Kemudian masuk ke Setting » Additional settings » Developer options/Opsi Pengembangan. Jika ada pilihan Mi Unlock Status , silahkan tekan saja kemudian Add Account Devices. Sehingga muncul Allow USB debugging?  Klik OK. 
  6. Aktifkan OEM Unlocking Xiaomi dgn cara : Masih tetap di Developer options, geser ke bawah hingga menemukan OEM unlocking (pada beberapa ROM tertentu, OEM Unlocking tidak ada, jadi abaikan langkah ini jika memang OEM unlocking tidak ada).
  7. Matikan HP sobat,  kemudian nyalakan lagi dengan Menekan dan Tahan Tombol Power + Volume Down(-) secara bersamaan hingga muncul logo Fastboot, kemudian lepaskan.

     

  8. Hubungkan HP  Xiaomi sobat ke PC/Laptop dengan kabel data ori atau yang berkualitas baik. Tunggu beberapa saat hingga ada informasi Phone Connected. Jika tidak terkoneksi juga (terutama pengguna Windows 7), install MiUsbDriver.exe yang terdapat pada folder aplikasi Mi Unlock Tools.

    kemudian lepas dan sambungkan kembali Xiaomi sobat.  Jika tidak terdeteksi juga, coba nonaktifkan driver signature. Bagi pengguna Windows 7, restart PC/Laptop kamu kemudian pada saat booting, tekan F8 , Pilih “Disable Driver Signature Enforcement”, kemudian Windows akan masuk ke System seperti biasa.

  9. Buka Unlock Tool pada MiFlash yang sudah didownlaoad di atas tadi lalu tekan UNLOCK. 
  10. Tunggu beberapa detik sampai muncul tulisan “Device Unlocked Successfully” , artinya sobat sudah berhasil Unlock Bootloader. 
  11. Terakhir tekan Reboot Phone.

Untuk mengetahui proses Unlock Bootloader sobat berhasil atau gagal,…. Lihat artikel CARA CEK STATUS UBL

    Catatan :

    • Lakukan Cara di atas sesuai dengan Instruksi dan jangan lewatkan satu langkahpun.
    • Admin tidak bertanggung jawab terhadap kerusakan  setelah mempraktekan tutorial yang ada di blog gadroid18, karena tutorial ini sudah dipraktekkan dan berhasil.

    Itulah info dan tutorial mengenai Bagaiman Cara Unlock Bootloader untuk HP Xiaomi semua type. Semoga bermanfaat bagi sobat gaDroid sekalian, sekian dan terimakasih.

    Credit & Thanks to :
        http://www.foldertips.com
        Sobat gaDroid semua

    See You Next… #SALAMBOOTLOOP…..